Selasa, 14 April 2009

Manfaat Internet

Manfaat Internet
Internet memiliki dua sisi akibat yang dapat dirasakan penggunaaannya tergantung pada sejauhmana pengguna internet atau netter dapat memanfaatkan informasi dan fasilitas-fasilitas yang ada di internet. Internet menawarkan beragam informasi yang dapat memberikan dampak negatif maupun dampak positif pada penggunanya.Sebenarnya apabila netter pandai memilah informasi, demikian banyak informasi yang dapat memberikan manfaat bagi pengguna internet.Terdapat banyak manfaat yang dapat diperoleh apabila seseorang mempunyai akses ke internet, seperti misalnya,informasi untuk kehidupan pribadi yang meliputi informasi mengenai kesehatan, rekreasi, hobby,pengembangan pribadi,rohani,social.Selain itu juga informasi untuk mendukung kehidupan professional para netter,seperti informasi mengenai sains,teknologi,perdagangan,saham,komoditas,berita,bisnis,asosiasi,profesi,asosiasi bisnis,berbagai forum komunikasi
Internet sebagai jaringan komunikasi global juga memiliki kelebihan yang mungkin sulit diperoleh dalam interaksi face to face atau tatap muka.Kelebihan internet antara lain :
 Keanggotaan internet tidak mengenal batas negara,ras,kelas ekonomi,ideology atau factor-faktor lain yang biasanya dapat menghambat pertukaran pikiran.Para netter dituntut untuk open mind dalam mengirim dan menerima pendapat yang mungkin saja bertentangan. Perbedaan latar belakang netter bukan tidak mungkin dapat memicu terjadinya perbedaan persepsi mengenai suatu topic pembicaraan,namun dengan kesadaran bahwa segala perbedaan yang ada merupakan sesuatu yang dapat memperkaya wawasan pengetahuan dan kepribadian kita. Seringkali melalui diskusi di ineternet kita dapat memberikan pengertian mengenai sesuatu yang selama ini tidak dipahami,seperti misalnya pandangan masyarakat dunia tentang Negara Indonesia yang beberapa waktu lalu disebut sebagai Negara yang kurang aman karena terdapat kejadian meledaknya bom dibeberapa tempat.Pandangan negatif tersebut dapat kita netralisir dengan memberikan penjelasan yang sesungguhnya tentang Indonesia dan masyarakatnya yang cinta damai, dengan demikian kita sudah membantu pemerintah dalam menginformasikan sesuatu yang positif mengenai Negara kita.
 Internet adalah suatu komunitas dunia yang sifatnya sangat demokratis serta memiliki kode etik yang dihormati segenap anggotanya.Berkomunikasi di internet memiliki etika atau aturan-aturan tersendiri yang idealnya dipatuhi oleh setiap pengguna internet.Setiap komunikasi yang dilakukan di internet diupayakan untuk menjaga harmonisasi komunikasi dan menghindari konflik.Idealnya internet adalah media komunikasi global yang mana setiap bangsa dunia saling berbagi informasi, membangun persaudaraan dunia, dan membantu menciptakan perdamaian dunia.Etika yang dibuat untuk dipatuhi para netter dimaksudkan agar pengguna internet memiliki rambu-rambu yang membimbing mereka dalam berkomunikasi dengan sesama pengguna internet.
 Manfaat internet terutama diperoleh melalui kerjasama antarpribadi atau kelompok tanpa mengenal jarak dan waktu. Berbagai fasilitas komunikasi di internet dapat dimanfaatkan untuk berkomunikasi secara pribadi maupun kelompok.Sebagai contoh fasilitas komunikasi antarpribadi di internet adalah Internet Relay Chat, e-mail, secara berkelompok bisa melalui forum-forum diskusi yang disediakan di IRC,mailing List, social network atau jejaring sosal dsb.Fasilitas-fasilitas komunikasi tersebut dapat dimanfaatkan untuk saling bertukar informasi dan berdiskusi mengenai topik-topik tertentu seperti topik yang berhubungan dengan profesi hingga topic personal. Komunikasi antarpribadi maupun kelompok melalui forum-forum keanggotaan di mailing list ataupun social networking atau jejaring social seperti face book yang saat ini tengah menjadi gaya hidup para netter dapat dioptimalkan penggunaannya untuk kepentingan pribadi maupun kelompok.

Beberapa Cara untuk Memanfaatkan Internet Secara Maksimal
Internet seringkali disebut juga dunia maya, memasuki dunia maya tanpa orientasi yang jelas dapat menjebak penggunanya pada situasi yang tidak diinginkan. Dapat dibayangkan para netter yang begitu terpesona dengan berbagai fasilitas dan informasi di internet dapat terjebak dalam dunia yang mungkin tidak menawarkan tujuan ataupun solusi bagi penggunanya bahkan membuat mungkin dapat membuat masalah baru. Sehingga sebagai akibatnya para netter akan terkuras habis energi. Waktu, tenaga dan pikirannya dengan sia-sia.Dan bukan tidak mungkin akan mengakibatkan terganggunya kehidupan “nyata” netter oleh keberadaan “dunia maya” tersebut.
Sepertinya internet nampak tidak memiliki aturan, tetapi sebenarnya hal tersebut tidak benar.Banyak internet provider seperti dinyatakan La Rose (2000) memiliki kode etik pada bagian bawah home pagenya (halaman situsnya), seperti pada petunjuk Acceptable Uses atau User Policy dan itu hanyalah berupa petunjuk bukan aturan hukum,tetapi pelanggaran terhadap petunjuk tersebut dapat mengakibatkan diberhentikannya aktivitas account kita. Menyebarluasnya internet ternyata menimbulkan dampak sosial di masyarakat, yang beberapa di antaranya dikategorikan menjadi seperti berikut : Perilaku antisosial (Antisocial Behavior),hasil studi menunjukkan bahwa game komputer yang berbau kekerasan sama bahayanya dengan tayangan kekerasan di telvisi,
bahkan studi lain menyatakan video games lebih berbahaya dalam menularkan bibit-bibit kekerasan pada anak. dibandingkan televisi. Situs-situs porno di internet juga dapat mengakibatkan perilaku menyimpang dan efek negatif pada para penggunanya, khususnya usia anak. Computer Anxiety Disebut juga sebagai cyberphobia dan computerphobia, yaitu ketakutan / kecemasan terhadap komputer. Terdapat berbagai penyebab bagi seseorang untuk mengidap phobia dan kecemasan ini. Di beberapa kasus, phobia ini menyebabkan seseorang menderita vertigo,keringat dingin, dan nausea. Seperti takut akan kesalahan atau merusak apabila memencet tombol yang salah, takut gagal dalam mengoperasikan komputer, cemas akan efek sosial komputer seperti misalnya privasi, dan masalah teknis lainnya. Lawan dari cyberphobia adalah internet-selfefficacy, dimana seseorang malah ketagihan menggunakan internet.
Ketagihan menggunakan Media (Addiction Media), komputer mempunyai kualitas berbeda pada tiap gerakan pemakainya. Kadangkala mereka sesuai keinginan kita, ada kalanya tidak. Hasil yang bervariasi itulah yang bisa membuat kita penasaran untuk kembali menggunakannya. Pola yang sama terjadi pada maniak game komputer atau pecandu internet yang menunjukkan perilaku ketagihan. Seperti candu di depan komputer, kurang bersosialisasi, toleransi bekurang, dsb. Kecenderungan candu internet disebabkan oleh kemampuan komputer untuk menunjukkan refleksi diri penggunanya, atau menuangkan pikiran-pikiran sesorang ke dunia maya dan memenuhi kebutuhan tiap orang. Hal ini mencerminkan kemampuan yang diperoleh seseorang untuk menguasai dunia di dalam komputer, untuk berilusi tentang intimasi, untuk mencari jati diri, dan mengekspresikan gaya mereka.
Namun tidak selalu “dunia maya” atau internet memberikan dampak negative bagi penggunanya, tergantung pada tujuan dari pengguna atau para netter dalam memanfaatkan segala fasilitas yang ada di dalamnya juga informasi yang ditawarkan internet untuk mendukung kehidupannya lebih baik.Sehingga tenaga,pikiran,waktu dan uang yang sudah dikeluarkan untuk menggunakan internet setimpal dengan keuntungan yang diperolehnya melalui penggunaan intenet yang efektif dan efisien.Untuk itu diperlukan beberapa kiat untuk mengoptimalkan penggunaan internet sehingga dapat memberikan manfaat bagi penggunanya, seperti disarankan pakar telematika Ono Purbo,yaitu :
 Tahap pertama, Niat.
Hasil yang akan kita peroleh akan sangat ditentukan oleh niat awal kita menggunakan internet.Yang berbahaya adalah orang yang tidak tahu apa yang dia inginkan pada saat masuk ke internet.Oleh karena itu sebelum kita menggunakan internet alangkah lebih baik apabila kita merencanakan terlebih dahulu apa yang ingin kita cari atau kita peroleh dari internet.Tentukan pula maksimal jam yang akan kita habiskan selama surfing di internet. Hal ini perlu dipertimbangkan untuk menghindari terbuangnya waktu,tenaga dan uang dengan sia-sia. Sering terjadi pengguna internet yang tidak memiliki perencanaan dalam memanfaatkan fasilitas ini bisa lupa waktu dan uang,seperti pengalaman Fera (bukan nama sebenarnya), ia mampu menghabiskan uang lebih dari ratusan ribu rupiah di warung internet dan waktu seharian hanya untuk bermain game online hingga lupa tugas utamanya sebagai pelajar.Di kalangan dewasa dan orang tua pun saat ini banyak yang banyak menggandrungi face book sebagai media jejaring social sehingga mereka dapat berkomunikasi dengan teman-teman lama.Apabila kita tidak merencanakan maksud penggunaan jejaring social ini,bukan tidak mungkin akan mengambil waktu bekerja di kantor atau mengganggu urusan rumah tangga bagi ibu rumah tangga.Tentu saja hal ini dapat mengurangi produktivitas para pengguna internet.
• Tahap kedua,Belajar menyambung ke Internet
Tahap ini adalah tahapan yang paling sederhana seperti belajar cara menyambungkan komputer ke internet,belajar mengambil mail, belajar melakukan browsing di web.Banyak sekali berbagai fasilitas untuk berkomunikasi dan mendapatkan informasi serta hiburan maupun pendidikan bisa diperoleh pengguna internet, namun pemanfaatannya tidak optimal apabila para netter atau pengguna internet tidak belajar untuk menggunakan berbagai fasilitas tersebut secara efektif dan efisien. Untuk memanfaatkan fasilitas komunikasi seperti Internet Relay Chat, forum diskusi,weblog,jejaring social (social network) diperlukan proses belajar yang mungkin untuk sebagian orang tidak mudah.Namun dengan keinginan yang kuat untuk memanfaatkan berbagai fasilitas komunikasi tersebut secara maksimal, bukan tidak mungkin kita dapat menggunakan dan memanfaatkan fasilitas-fasilitas tersebut dengan sebaik-baiknya.
 Tahap ketiga,Belajar mengambil/membaca informasi.
Pada tahapan ini kita perlu betul-betul mengarahkan diri kita untuk membaca,mengambil informasi secara efisien.Web dapat digunakan seperlunya untuk memperoleh informasi maupun untuk pembanding berbagai informasi yang ada.Pengetahuan tentang berbagai hal dapat kita bangun dengan cara membaca.Banyaknya informasi yang disediakan internet dapat dimanfaatkan untuk mendukung aktivitas sehari-hari kita, seperti ativitas professional sebagai pegawai di perusahaan tertentu, sebagai pengusaha, sebagai pelajar, mahasiswa, guru,dosen dsb.Maupun untuk minat yang sifatnya personal, seperti hobi, spiritual,hiburan dan sebagainya. Banyaknya informasi tersebut dapat dimanfaatkan secara efektifdan efisien untuk kepentingan pribadi maupun lingkungan, untuk kepentingan personalmaupun professional.
 Tahap keempat. “Belajar cara belajar (Learn How to Learn)
Salah satu fasilitas berkomunikasi di internet yang efektif untuk berdiskusi mengenai berbagai topic yang diminati pengguna internet adalah mailing list, untuk bergabung dengan mailing list ini diperlukan upaya-upaya tertentu agar penggunaan fasilitas ini efektif.Dalam berpartisipasi dalam mailing list/Newsgroup terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan :
• Ada baiknya kita memperhatikan baik-baik diskusi yang berlangsung dalam mailing list atau Newsgroup tersebut..
• Kenali baik-baik semua player yang ada.
• Kenali baik-baik tata cara/aturan/etiket berdiskusi yang dianut.
• Hindari spam untuk menjaga nama baik kita pribadi.
• Belajar untuk terbuka dan menerima pendapat orang lain.
• Belajar untuk berargumentasi/berdebat secara gentleman.
• Menghargai pendapat orang lain,terbuka pad aide-ide,pendapat,ilmu-ilmu baru merupakan kunci keberhasilan kita dalam memahami ilmu dari internet.
 Tahap Kelima, “Belajar untuk menghasilkan pengetahuan dan informasi”
Pengetahuan (knowledge)yang diakumulasikan/dikumpulkan dari berbagai sumber setelah melalui proses analisa dan sintesa harus disebarkan kembali dan dipublikasikan di internet baik melalui web yang sifatnya satu arah, maupun melalui mailing list/newsgroup yang sifatnya interaktif dua arah.Kemampuan untuk menjadi produsen informasi/knowledge akan menjadi kunci utama keberhasilan kita dalam berkarya melalui internet.Bentuk sederhana dari produsen informasi/knowledge ini misalnya seseorang yang mempunyai Web pribadi yang berisi buku/tulisan2/hasil karya lainnya (dapat berupa foto,dll).
Informasi-informasi menarik dan memiliki manfaat yang kita peroleh di internet dan dikemas kembali secara lebih menarik tentu dapat menarik perhatian para netter lainnya untuk membaca dan memperoleh manfaat dari informasi yang kita buat tersebut,sehingga kita dapat berbagi kebaikan melalui informasi yang bermanfaat bagi orang banyak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar